Breaking News
Loading...
Friday 28 November 2014

Menenangkan Hati Disaat Banyak Masalah

Wahai saudaraku yang seiman dan setakwa, sebangsa dan setanah air, serta umat islam seluruh dunia. Sadarilah bahwa hidup ini adalah perjuangan dan hidup penuh dengan permasalahan yang ada. Problema terus bermunculan, datang satu, dan datang yang baru lagi. Malah terkadang satu masalah belum selesai datang lagi masalah yang baru. Masalah terus bergulir sampai dihari hisab (perhitungan), masalah baru selesai ketika sudah masuk surga bagi yang beriman, dan masuk neraka bagi orang kafir.

Namun bagi kita yang beriman, tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan, “sungguh setiap ada kesulitan pasti dibarengi dengan kemudahan”. Sabar dan shalat adalah senjata yang paling ampuh untuk mencapai cita-cita dan memperoleh jalan keluar dari kesulitan (masalah) yang kita hadapi. Allah SWT menyeru  kita agar mengerjakan shalat dan sabar untuk memecahkan masalah dan cobaan, sebagaimana Firman Nya :
Yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikan lah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang sabar”.

Maksudnya hadapi semua masalah hidup (tantangan) hidup ini dengan sabar dan shalat. Shalat bagi umat islam adalah tiang agama, tonggak keyakinan, jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, cara ibadah yang paling indah kapada-Nya, sinar cemerlang untuk menerangi jalani hidup, pencegah perbuatan dari yang keji dan mungkar, menyadarkan diri manusia untuk apa ia diciptakan oleh Allah SWT , membedakan siapa yang Muslim dan siapa yang Kafir, membentuk manusia agar beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, menghapus dosa-dosa kecil kepada Allah SWT. Intinya, hadapilah tantangan hidup ini (cobaan) hidup dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah selalu beserta orang-orang yang sabar.
Allah berfirman dalam surat Hud ayat 114 :
Artinya : “Dan tetapkanlah engkau mengerjakan shalat pada pagi hari dan petang dan disebagian dari malam hari. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu bisa menghapuskan perbuatan-perbuatan yang jelek dan menjadi peringatan bagi orang-orang yang mau memperhatikan”.

Pelajari sejarah hidup para Nabi Allah terdahulu, para Rasul Allah dan para Wali Allah. Problema hidup mereka sangat jauh lebih berat dari problema hidup kita yang kita hadapi saat ini. Apalah masalah kita ini ? Hanyalah sepercikan dibandingkan dengan mereka terdahulu
  • Mereka diperangi dan dimusuhi
  • Mereka difitnah dan dizalimi serta dihina dengan segala cara
  • Mereka dihadapkan kepada embargo ekonomi
  • Mereka dipenjarakan dan disiksa. Malah ada yang digantung
  • Mereka ditantang masyarakat lingkungannya, termasuk keluarga mereka sendiri, dicaci maki, diludahi, dilempari batu dan kotoran. Ingat pristiwa Nabi Muhammad SAW ketika di Thiaf.
  • Mereka ingin cepat mendapat hasil dari perjuangan dan dakwahnya, namun harus menghadapi tantangan yang berat
  • Mereka ingin terkabul keinginan dan cita-citanya membawa umat kejalan hidup yang diridhai Allah SWT.
  • Mereka ingin terkabul keinginan dan cita-citanya membawa umat kejalan hidup yang diridhai Allah SWT.

Jadi kita sebagai umat Muslim jangan pernah menyerah atau berputus asa dari masalah yang kita hadapi, karena masalah kita semua tidak sebanding dari masalah para Nabi, Wali, dan para sahabat terdahulu. Tetap semangat, berdoa kepada Allah, dan tawakal Insya Allah akan membawa kita ke arah ketenangan hati, ditengah masalah-masalah yang kita hadapi. Amin ya Rabbal alamin


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Sumber Ilmu All Right Reserved