Breaking News
Loading...
Friday 28 November 2014

Jenis-jenis perangkat lunak

Perangkat lunak atau software merupakan program yang berisikan sekumpulan perintah dapat dioprasikan oleh suatu perangkat (computer) sehingga perangkat tersebut dapat beroprasi secara optimal sesuai dengan fungsinya. Didalam computer, anda mengenal beberapa perangkat lunak/software, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      System oprasi
merupakan suatu system yang bertugas untuk melakukan fungsi pengendali, pengatur, pengelola dan pengordinasi aktivitas operasi computer sehingga computer dapat bekerja secara efektif dan efisien. System oprasi ini mengolah sinyal-sinyal digital dan mengubah menjadi tampilan karakter tertentu pada perankat keluaran sebagai beriku.
Ada beberapa system operasi yang kita kenal diantaranya seperti berikut :
a.  Kelompok Microsoft Windows, diantaranya Windows Xp,Windows server 2003, Windows Vista dan Windows 7
b.      UNIX
c.       GNU linux
d.      GNU/Hurd
e.       Macos

2.      Software pengolah kata
Software pengolah kata merupakan program aplikasi yang bnayakdigunakan untuk mengolah kata seperti pembuatan surat, laporan, proposal, skripsi, tesis dan tugas lainnya, dan berikut contohnya adalah :

a.       Microsoft Word
b.      Chi writer
c.       Word perfect
d.      MS. Work
e.       Ami Pro
f.       Open Office. Org Writer
g.      Wordstar

Dari beberapa program pengolah kata di atas, Microsoft word merupakan program paling banyak dan populer digunakan saat ini, karena Microsoft word memiliki banyak keunggulan dan mudah dioprasikan. Salah satu keunggulannya yaitu bisa digunakan untuk berbagai dokumen serta dilengkapi peralatan-peralatan (tols) yang mudah digunakan seperti yang tersedia pada menu bar, toolbar, ikon, dan sebagainya tanpa perlu kita menghafal semua perintah yang digunakan.

3.      Software pengolah angka (spreadsheet)
Software pengolah angka merupakan program aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung, menganalisis, memproyeksikan, dan mempersentasikan data, serta membuat grafiknya. Contoh :
A.    Microsoft Excel
B.     KSpread
C.     Visi cale
D.    Lotus 1,2,3
E.     Dll

4.      Software Presentasi
Software persentasi merupakan program aplikasi yang digunakan untuk membuat suatu tampilan yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam melakukan presentasi, diantaranya adalah sebagai berikut
A.    Microsoft Power point
B.     Freelance Graphics, OppenOffice.org impress

dan contoh lainnya juga adalah :

  1. Software Basis Data                        
  2. Software animasi                               
  3. Bahasa pemrogram  
  4. Software Desain Grafis       
  5. Software Akses internet  
  6. Antivirus               

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Sumber Ilmu All Right Reserved